Tulisan

SELAMAT DATANG DI BLOG PERSEKUTUAN KAUM MUDA GEREJA KIBAID JEMAAT BATUBARA DAYA

Renungan 3



Sumber Solusi

Bilangan 13:1-15

Pertemuan Pemuda sedunia di Jerman beberapa tahun lalu mempercakapkan situasi kekinian dan peran pemuda di dalamnya. Dipertanyakan, di manakah kehadiran pemuda selain menjadi kepanjangan tangan dari sistem Kapitalisme, sekadar menjadi penonton dan penikmat. Mana solusi khas kaum muda?
Musa menyiapkan 12 pengintai –Kaleb, Yosua dan kepala-kepala Israel lainnya. Mereka diberi tugas yang sangat penting, yaitu memberi informasi tentang kondisi dan situasi di tanah Kanaan. Ada peran penting yang diberikan oleh komunitas Israel kepada kaum muda, bahkan peran kepemimpinan umat juga diberikan kepada generasi baru ini. Tugas pengintaian ini adalah ujian pertama bagi anak-anak muda generasi Yosua, “generasi berikut”. Generasi ini akan mewarnai cara berpikir, bersikap, bahkan beriman bangsa Israel.
Youth, dalam berbagai sorotan tentang kehadiran pemuda di gereja, di tengah dunia yang semakin banyak persoalan, dirasakan bahwa banyak pemuda yang meninggalkan idealismenya dan menjadi pragmatis belaka. Banyak yang berharap kaum muda dapat menjadi kelompok pembaru dan memberi solusi khasnya yang kritis dan kreatif.
Menurut kolumnis Time, Joel Stein, yang menulis artikel “Me Generation”, berpikir kritis berarti menjadi solusi, atau bagian dari solusi, atau awal dari solusi. Kita tidak sekadar menjadi generasi penikmat saja dan hanya mengurus diri sendiri saja (Me Generation). Di tengah persoalan, kita ditantang untuk menjadi pemuda yang memberi solusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar